5 Cara Tepat Memantau Pertumbuhan Si Kecil

Orang tua wajib tahu bahwa pertumbuhan anak merupakan sebuah tanggung jawab. Pemantauan pertumbuhan si kecil adalah tugas penting yang harus dipenuhi semua orang tua. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan demi melihat tumbuh kembang anak, salah satunya lewat pemantauan grafik yang ada di Kartu Menuju Sehat.

Memantau Tumbuh Kembang

Setiap anak berhak tumbuh sehat dan berkembang lancar sesuai tahap usianya. Orang tua harus memilih tindakan yang tepat agar bisa melihat apakah anak bertumbuh dan berkembang secara normal atau tidak. Berikut adalah 5 cara tepat dalam memantau pertumbuhan si kecil:

1. Kunjungi Posyandu Rutin

Pemerintah telah menyediakan program posyandu di setiap desa untuk membantu semua orang tua memantau pertumbuhan buah hati mereka. Bawalah anak Anda ke posyandu secara rutin untuk diukur tinggi badan dan ditimbang bobotnya. Data ini nantinya akan dimasukkan ke dalam grafik Kartu Menuju Sehat dan bisa dijadikan acuan apakah pertumbuhan anak memang sesuai tahap usianya atau tidak.

2. Lakukan Interaksi

Usahakan untuk sering melakukan interaksi bersama si kecil. Luangkan waktu bermain bersama, ajak si kecil berkomunikasi, dan lain sebagainya. Langkah ini bisa menjadi cara untuk memantau bagaimana perkembangan si kecil. Lewat interaksi yang Anda lakukan, Anda bisa melihat apakah si kecil memang bertumbuh dan berkembang dengan baik atau tidak.

3. Cari Banyak Informasi

Jangan malas mencari sebanyak mungkin informasi mengenai tumbuh kembang buah hati. Sumber informasi yang memadai akan membantu Anda untuk teredukasi mengenai kondisi pertumbuhan anak. Jangan percaya apa kata orang lain, tapi carilah sumber yang akurat. Jika memang anak mengalami keterlambatan perkembangan maka cari tahu bagaimana solusi mengatasinya.

4. Lakukan Kontrol ke DSA

Demi memastikan seperti apa perkembangan pertumbuhan anak, lakukan kontrol ke DSA secara rutin. Kontrol ke dokter spesialis secara berkala bisa membantu Anda untuk memahami seperti apa kondisi si kecil. Apakah memang tahap pertumbuhan yang dialaminya sudah sesuai dan berjalan normal atau belum. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk berkonsultasi dengan ahlinya mengenai tumbuh kembang anak.

5. Gunakan Aplikasi

Zaman sekarang ini sudah banyak teknologi yang bisa membantu orang tua dalam memantau pertumbuhan anaknya. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi tertentu untuk mencatat seperti apa tahap pertumbuhan buah hati tercinta. Biasanya dalam aplikasi sejenis ini tersedia juga beragam jenis informasi penting yang berhubungan dengan perawatan dan pertumbuhan si kecil.

Itulah tadi 5 langkah tepat yang bisa dilakukan demi mengawasi pertumbuhan buah hati. Pastikan untuk terus memberikan yang terbaik agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahap usia. Baca informasi sebanyak mungkin di Artikel Rupa Rupa Orami mengenai gaya parenting dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *