Hal Menakjubkan yang Dapat Dilakukan di Karimunjawa

The Paradise of Java, begitulah Karimunjawa dikenal banyak orang dari tempat wisata di karimunjawa yang menakjubkan. Gugusan pulau di utara Pulau Jawa ini menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahan yang ditawarkannya, mulai dari wisata pantai, bawah laut, hutan bakau hingga potensi budayanya. Itulah sebabnya Karimunjawa menjadi salah satu destinasi wisata populer di kawasan Pantura Jawa.

Namun, tidak semua orang tahu apa yang harus dilakukan saat berwisata ke Karimunjawa. Belasan, bahkan puluhan pulau kecil di Karimunjawa, hampir semuanya mempunyai potensi dan keunikan masing-masing. Dengan waktu liburan yang mungkin sangat terbatas, tentunya diperlukan strategi khusus untuk mendapatkan liburan berkesan di Karimunjawa.

Berikut 10 hal menakjubkan yang bisa dilakukan di Karimunjawa yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan berlibur ke ‘Surganya Jawa’ ini.

Menjelajah pulau

Setidaknya ada 27 pulau di gugusan Karimunjawa. Maka dari itu, jika menjelajahi satu pulau saja adalah sebuah kesalahan besar. Mulai dari Karimunjawa, Pulau Burung, Pulau Bengkoang hingga Pulau Katang, masing-masing memiliki keunikan tersendiri yang perlu Anda jelajahi.

Anda bisa menyewa perahu yang biasanya berkapasitas penumpang hingga 15 orang. Anda bisa berbagi biaya dengan wisatawan lain yang juga berminat melakukan aktivitas seru di Karimunjawa. Biasanya harga sewa perahu mencapai Rp1.300.000 dengan fasilitas peminjaman peralatan snorkeling dan juga BBQ di salah satu pulau yang dikunjungi. Itu menyenangkan, bukan?

Jelajahi alam bawah laut Karimunjawa

Snorkeling menjadi salah satu aktivitas seru di Karimunjawa yang wajib Anda lakukan. Keindahan alam bawah laut dan kekayaan biota Karimunjawa termasuk yang terbaik di Indonesia.

Bagi yang tidak bisa berenang, tersedia jaket pelampung yang bisa disewa. Sepatu katak dan kacamata juga disertakan. Alhasil, Anda bisa melihat beragam biota laut yang lucu dan berwarna-warni serta beragam bentuk terumbu karang.

Menjelajahi bangkai kapal di Pulau Kemujan

Ya, ada bangkai kapal di dekat Pulau Kemujan. Anda bisa menelusuri langsung ke lokasi dengan melakukan snorkeling atau diving ekstrim bagi yang sudah terlatih dan berpengalaman.

Kapal karam tersebut merupakan kapal pengangkut batu bara pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Jadi, mempunyai nilai sejarah. Panorama bawah laut dan biota laut di sekitar kapal karam pun turut menambah keindahan destinasi yang satu ini.

Menginjakkan kaki di pulau pasir kecil

Ada beberapa Gosong (pulau pasir kecil) di Karimunjawa. Menjelajahi beberapa di antaranya adalah hal seru lainnya di Karimunjawa yang wajib Anda coba.

Yaitu Cemara, Kumbang, Selikur, Batu Putih, Seloka, Karang Moncong, Karang Besi dan Tengah yang bisa menjadi pilihan untuk Anda kunjungi. Apapun Gosong yang Anda pilih, sensasi menginjakkan kaki di sana dijamin istimewa.

Berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar

Siapa bilang hiu itu ganas? Di penangkaran hiu Pulau Menjangan Besar, Anda bisa membuktikan bahwa anggapan tersebut salah. Cara membuktikannya adalah dengan berenang bersama mereka.

Di penangkaran, hiu-hiu tersebut merupakan jenis hiu blacktip reef, hiu yang biasa hidup di perairan dangkal. Hiu ini dikenal jinak, bahkan cukup bersahabat dengan makhluk lain di sekitarnya, termasuk manusia. Tertarik berenang bersama hiu?

Mengejar lumba-lumba yang lucu

Lumba-lumba tidak hanya terlihat di Pantai Lovina, Bali. Di antara Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil juga dapat ditemukan mamalia yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata.

Bedanya, di Pantai Lovina Anda bisa melihat aktivitas lumba-lumba hampir setiap saat, sedangkan di Karimunjawa lumba-lumba hanya muncul sesekali saja. Jika beruntung, Anda bisa melihat mamalia ini berenang di samping perahu yang Anda tumpangi.

Saksikan matahari terbenam, matahari terbit, dan pengamatan bintang terbaik

Ingin melihat matahari terbenam bisa di sini. Matahari terbit? Juga tidak masalah. Melihat bintang juga baik-baik saja. Dengan minimnya polusi di Karimunjawa, khususnya di pulau-pulau terluar, semua aktivitas menakjubkan ini harus Anda lakukan. Bahkan, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan sambil berbaring di atas pasir putih.

Trekking di hutan mangrove Karimunjawa

Hutan bakau di Karimunjawa cukup menarik untuk dijelajahi. Selain subur dan indah, terdapat beragam flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Tak hanya trekking, Anda juga bisa naik ke gardu pandang dimana Anda bisa melihat pemandangan hutan bakau dari atas atau melihat matahari terbenam di sore hari.

Santai sepenuhnya dan nikmati waktu

Jika bertemu dengan pantai berpasir putih dan laut jernih, sulit untuk tidak bersenang-senang di sana. Banyak hal seru di Karimunjawa yang bisa Anda lakukan, mulai dari berjemur, bermain pasir atau sekedar melamun. Intinya, maksimalkan waktu Anda untuk bersantai dan bermalas-malasan di sini sebelum kembali ke rutinitas!

Dengan banyaknya pulau dan pantai berpasir putih, aktivitas menyenangkan ini bisa Anda lakukan kapan saja. Anggaplah pulau itu sebagai pulau pribadi Anda.

Selfie di Bukit Cinta (Love Hill)

Ada juga spot selfie khusus di Karimunjawa bernama Bukit Cinta. Di sini, Anda bebas berekspresi. Bukit Cinta juga menjadi spot asyik menikmati panorama alam di Karimunjawa. Perpaduan antara laut, pasir, dan daratan yang menghijau akan membuat mata Anda sejuk.

Jika Anda ingin mengunjungi Indahnya Karimun Jawa Anda dapat memakai biro perjalanan wisata terpercaya yang tepat seperti layanan Travel karimunjawa yang memberikan pelayanan terbaik dengan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *